CSR
 
PT Modernland Realty Tbk. Raih Penghargaan Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2023
By Ardi
PT Modernland Realty Tbk. Raih Penghargaan Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2023
20 March 2023

Jakarta, 16 Maret 2023 - PT Modernland Realty Tbk. berhasil meraih penghargaan pada ajang Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Popular Mandiri (IPM) dan First Indonesia Magazine.

Penghargaan Indonesia CSR Excellence Award 2023 yang bertemakan “CSR Programs to Support Resilience Strategies in Economic Growth Development in the Face of the 2023 Recession Issue” dibagi menjadi dua kategori yakni Individual Winner dan Corporate Winner.

Untuk Corporate Winner, PT Modernland Realty Tbk. meraih penghargaan level CSR bintang 5 yang terdiri dari Excellence in Green and Environmental Management, The Best CSR Global Program, dan Integrated and Visionary CSR. Sementara, untuk Individual Winner, Dharma Mitra, selaku Vice President Director PT Modernland Realty Tbk. meraih penghargaan The Best Leadership Focus on CSR Program. Penyerahan penghargaan diselenggarakan di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Kamis (16/3/2023).

Penghargaan diterima langsung oleh Dharma Mitra, Vice President Director PT Modernland Realty Tbk. “Terima kasih kami ucapkan kepada Indonesia Popular Mandiri (IPM) dan First Indonesia Magazine beserta seluruh jajaran dewan juri atas diberikannya kembali penghargaan Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2023. Penghargaan ini akan membuat kami lebih bersemangat dan konsisten menjalankan program CSR yang lebih baik lagi ke depan,” ujar Dharma Mitra.

 

Lebih lanjut Dharma Mitra mengatakan, pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perseroan selalu mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan regulator. “PT Modernland Realty Tbk. terus berkomitmen untuk melaksanakan program TJSL sebagai wujud nyata dalam menumbuhkan pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya berpusat pada kepentingan ekonomi semata, tetapi diimbangi dengan pemenuhan tanggung jawab pada aspek lingkungan dan sosial kemasyarakatan,” tutur Dharma Mitra.

 

Visi TJSL Perseroan adalah menjadi perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab terhadap para pemangku kepentingan. Visi tersebut selanjutnya dijabarkan menjadi 3 misi TJSL, yaitu mendukung dan menjaga kepentingan dari para pemangku kepentingan internal dan eksternal, mendukung pemberdayaan masyarakat sekitar, membantu mengurangi penderitaan sosial, dan menjalin hubungan serta komunikasi yang aktif dengan masyarakat luas, juga mendukung kelestarian dan keindahan lingkungan hidup.

 

Perseroan berkomitmen melaksanakan TJSL dengan baik, efektif, dan tepat sasaran. Bentuk dari komitmen tersebut antara lain dengan melaksanakan kegiatan sosial kepada masyarakat dan lingkungan melalui perilaku transparansi dan bersikap etis, memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan berkelanjutan, termasuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, menghargai dan mempertimbangkan harapan-harapan para pemangku kepentingan, mematuhi hukum yang berlaku dan bersikap konsisten terhadap norma-norma perilaku internasional serta mendorong perilaku bertanggung jawab pada seluruh bagian organisasi.

Sementara kebijakan TJSL antara lain memprioritaskan penerima manfaat di sekitar wilayah terdekat operasional Perseroan ataupun yang berkaitan langsung dengan dampak aktivitas Perseroan, klien utama, dan mitra kerja, meningkatkan reputasi positif Perseroan melalui kontribusi terhadap peningkatan di bidang kesehatan, sosial budaya, keagamaan, pendidikan, dan lingkungan; mendukung dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkembang lebih baik dari segi pengetahuan maupun ekonomi, memberdayakan masyarakat dengan memberikan pelatihan keterampilan agar mampu menjadi individu yang mandiri, mempertanggungjawabkan dampak dari keputusan dan kegiatan Perseroan pada masyarakat serta lingkungan melalui perilaku transparansi dan etis, menghargai dan mempertimbangkan harapan pemangku kepentingan, mematuhi hukum yang berlaku dan konsisten dalam pemenuhan norma perilaku internasional; serta mendorong perilaku bertanggung jawab pada seluruh bagian organisasi.

Sedangkan dalam merumuskan, implementasi dan evaluasi TJSL, Perseroan telah  menerapkan langkah-langkah antara lain melakukan due diligence terkait berbagai dampak yang ditimbulkan dari keputusan dan kegiatan Perseroan terhadap pemangku kepentingan, khususnya terkait pembangunan berkelanjutan, merumuskan isu-isu penting tanggung  jawab sosial perusahaan, menelaah seluruh regulasi yang terkait dengan isu-isu penting tanggung jawab sosial perusahaan, sehingga Perseroan selalu berjalan dalam koridor kepatuhan. Kemudian merancang mekanisme pengenalan dan perumusan ekspektasi pemangku kepentingan tentang peran sosial perusahaan, merumuskan rencana aksi tanggung jawab terhadap pemangku kepentingan sesuai dengan isu-isu yang terkait, merumuskan resiko-resiko yang mungkin terjadi akibat kegagalan penerapan tanggung jawab sosial, serta upaya mitigas dan rencana perbaikannya, menerapkan kebijakan dan program yang  telah disepakati. implementasi dapat  dilakukan secara mandiri atau dengan melibatkan berbagai pihak lain yang terkait, dan melakukan pemantauan serta evaluasi atas efektivitas pelaksanaan kebijakan dan program.

“Untuk memastikan pelaksanaan program TJSL di semua lingkup Perseroan dapat terkelola dan berjalan dengan baik maka Perseroan telah membentuk fungsi Human Resources yang berfungsi untuk melaksanakan komitmen dan inisiatif TJSL. Secara struktural Fungsi Human Resources berada di bawah pengawasan Direksi dan Dewan Komisaris,” tutup Dharma Mitra.

MORE NEWS
  • 20 March 2023 PT Modernland Realty Tbk. Raih Penghargaan TOP CSR 2018Read News
  • 20 March 2023 Modernland Peduli Korban Tsunami Selat SundaRead News
  • 20 March 2023 Bedah Rumah di Kawasan Sekitar ModernCikandeRead News
  • 20 March 2023 Jakarta Garden City Dukung Program Vaksinasi Covid-19Read News